Kamis, 08 Maret 2012

Pengamatan menggunakan metode Snowball Throwing


FORMAT LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS GURU DAN SISWA
MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SUBPOKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KBM1/2
Sekolah                        : MTs. Sunan Giri                    Pokok Bahasan                        : Bangun Datar
Kelas               : VII-B                                     Waktu                          : 80 Menit
Mata Pelajaran : Matematika

Petunjuk pengisian!
Amatilah aktivitas guru dan siswa dalam kelompok sampel selama kegiatan berlangsung kemudian isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai berikut:
1.         Pengamat dalam melakukan pengamatan aktivitas guru dan siswa berada ditempat yang memugkinkan mengamati aktivitas guru dan siswa.
2.         Setiap 210 detik pengamat melakukan pengamatan aktivitas guru dan siswa. 30 detik berikutnya pengamat menulis kode kategori pengamatan.
3.         Pengamatan ditujukan untuk kelompok sampel yang dilakukan secara bergantian dalam waktu periode tertentu.
4.         Kode-kode kategori dituliskan secara berurutan sesuai kejadian pada garis dan kolom yang tersedia.
5.        Pengamatan terhadap guru dan siswa dilakukan secara bersamaan sejak mulai kegiatan pembelajaran.
Kategori Pengamatan
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
1.      Memberi salam dan menanyakan kabar siswa
1.   Siswa menjawab salam  dan
menyatakan  kabar.
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.    Melihat dan memahami materi
pelajaran
3.      Memberikan motivasi kepada siswa
3.    Siswa memberikan argumen tentang
materi yang dipelajari
4.      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari kepada ketua kelompok dan memberikan LKS
4.    Ketua kelompok memperhatikan dan
       menerima LKS. kemudian ketua
       kelompok menjelaskan kepada
       anggotanya
5.      Guru membimbing siwa mendiskusikan LKS dan meminta siswa membuat pertanyaan dan membentuk kertas yang berisi pertanyaan tersebut menyerupai bola.
5.    Siswa mendiskusikan LKS dan membuat
       pertanyaan, serta membentuk kertas yang
       berisi pertanyaan tersebut menyerupai
       bola.
6.      Guru memerintah siswa menukar pertanyaan yang mereka buat dengan kelompok lain dan menjawab pertanyaan yang mereka dapat dari kelompok lain
6.    Siswa menukarkan pertanyaan tadi dan
menjawab pertanyaan yang mereka
dapat dari kelompok lain
7.      Guru membimbing siswa dalam membuat dan menjawab pertanyaan
7.    Siswa bertanya pada guru jika ada
kesulitan dalam membuat dan
menjawab pertanyaan
8.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil jawaban dari pertanyaan kelompok lain
8.    Siswa mempresentasikan hasil jawaban
dari pertanyaan kelompok lain
9.      Guru melakukan evaluasi
9.    Siswa melihat dan memperhatikan
Evaluasi dari guru
10.   Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
10.  Siswa membuat kesimpulan materi
 yang dipelajari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar