FORMAT LEMBAR PENGAMATAN
AKTIVITAS GURU DAN SISWA
MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SUBPOKOK BAHASAN KELILING
DAN LUAS BANGUN DATAR KBM1/2
Sekolah : MTs. Sunan Giri Pokok Bahasan : Bangun Datar
Kelas :
VII-B Waktu : 80 Menit
Mata Pelajaran : Matematika
Petunjuk
pengisian!
Amatilah
aktivitas guru dan siswa dalam kelompok sampel selama kegiatan berlangsung
kemudian isilah lembar pengamatan dengan prosedur sebagai berikut:
1.
Pengamat dalam melakukan pengamatan
aktivitas guru dan siswa berada ditempat yang memugkinkan mengamati aktivitas
guru dan siswa.
2.
Setiap 210 detik pengamat melakukan
pengamatan aktivitas guru dan siswa. 30 detik berikutnya pengamat menulis kode
kategori pengamatan.
3.
Pengamatan ditujukan untuk kelompok
sampel yang dilakukan secara bergantian dalam waktu periode tertentu.
4.
Kode-kode kategori dituliskan secara
berurutan sesuai kejadian pada garis dan kolom yang tersedia.
5.
Pengamatan terhadap guru dan siswa
dilakukan secara bersamaan sejak mulai kegiatan pembelajaran.
Kategori Pengamatan
AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS
SISWA
|
1.
Memberi salam dan menanyakan kabar siswa
|
1. Siswa menjawab salam dan
menyatakan kabar.
|
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
2. Melihat
dan memahami materi
pelajaran
|
3.
Memberikan motivasi kepada siswa
|
3. Siswa
memberikan argumen tentang
materi yang dipelajari
|
4.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
kepada ketua kelompok dan memberikan LKS
|
4. Ketua
kelompok memperhatikan dan
menerima LKS. kemudian ketua
kelompok menjelaskan kepada
anggotanya
|
5.
Guru membimbing siwa mendiskusikan LKS dan meminta
siswa membuat pertanyaan dan membentuk kertas yang berisi pertanyaan tersebut
menyerupai bola.
|
5. Siswa
mendiskusikan LKS dan membuat
pertanyaan,
serta membentuk kertas yang
berisi pertanyaan tersebut menyerupai
bola.
|
6.
Guru memerintah siswa menukar pertanyaan yang
mereka buat dengan kelompok lain dan menjawab pertanyaan yang mereka dapat
dari kelompok lain
|
6. Siswa
menukarkan pertanyaan tadi dan
menjawab pertanyaan yang mereka
dapat dari kelompok lain
|
7.
Guru membimbing siswa dalam membuat dan menjawab
pertanyaan
|
7. Siswa
bertanya pada guru jika ada
kesulitan dalam membuat dan
menjawab pertanyaan
|
8.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mempresentasikan hasil jawaban dari pertanyaan kelompok lain
|
8. Siswa
mempresentasikan hasil jawaban
dari pertanyaan kelompok lain
|
9.
Guru melakukan evaluasi
|
9. Siswa
melihat dan memperhatikan
Evaluasi dari guru
|
10.
Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan
|
10.
Siswa membuat kesimpulan materi
yang dipelajari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar