Kamis, 08 Maret 2012

Abstrak Snowball Throwing


ABSTRAK
Abdullah, Syaiful. 2007. “Implementasi Metode Snowball Throwing pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII MTs. Sunan Giri Branang Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika 2007 STKIP PGRI Pasuruan. Dosen Pembimbing: (I) Drs. Supriyo, M. Pd, (II) Chaula Prihatiningtyas, S. Pd., M. Si.

Kata kunci: Snowball Throwing dan Peningkatan Hasil Belajar

Salah satu metode pembelajaran aktif adalah Snowball Throwing yang menekankan pada aktivitas siswa dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling bekerjasama dalam menguasai dan mamahami konsep materi pembelajaran guru sehingga mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa yang diamati oleh dua observer, dan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Sunan Giri Branang Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2010/2011 setelah digunakannya metode Snowball Throwing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek penelitian kelas VII-B yang berjumlah 25 siswa,
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. teknik kualitatif diperoleh dari merefleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan siklus II terlaksana dengan baik, ajeg dan mempunyai kepercayaan yang tinggi dengan reliabilitas yang signifikan yaitu 95,65% dan 97,87% pada siklus I; 97,96% dan 98,00% pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I dan siklus II terlaksana dengan baik, ajeg dan mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi dengan reliabilitas yang signifikan yaitu 85,91% dan 92,17% pada siklus I; 96,00% dan 96,00% pada siklus II untuk aktivitas guru dan 95,02% dan 92,20% pada siklus I; 95,56% dan 97,52% pada siklus II untuk aktivitas siswa. Tes hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kuantitatif menggunakan statistik uji-t. Dari hasil uji hipotesis diketahui ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Snowball Throwing pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu, disarankan  kepada guru mata pelajaran matematika menggunakan metode Snowball Throwing sebagai metode alternatif dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Snowball Throwing, guru harus dapat mengatur suasana kelas dan  memanfaatkan serta mengolah waktu dengan sebaik-baiknya, supaya kelas menjadi terstruktur dan hasilnya lebih baik, karena dalam menggunakan metode Snowball Throwing membutuhkan waktu yang lebih lama dan pengusaan kelas yang baik. Guru harus dapat membimbing dan mengarahkan siswa dalam membuat dan menjawab pertanyaan tentang materi yang diajarkan, sehingga siswa lebih fokus pada materi yang diajarkan.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan skripsi yang berjudul “Implementasi Metode Snowball Throwing pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Siswa Kelas VII MTs. Sunan Giri Branang Lekok Pasuruan Tahun Pelajaran 2010/2011” ini dengan sebaik-baiknya. Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Rosulullah SAW beserta keluarga dan sahabatNya.
Penulisan skripsi ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan, Program Studi Matematika di STKIP PGRI Pasuruan. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis banyak dibantu oleh berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, penulis perlu menyampaikan banyak terima kasih kepada yang terhormat:
1.        Ibu Dra. Dies Nurhayati, M.Pd, selaku Ketua STKIP PGRI Pasuruan.
2.        Bapak Drs. Supriyo, M. Pd, selaku dosen pembimbing I yang telah banyak membantu memberikan saran, pengarahan, dan bimbingan dalam menyusun skripsi ini.
3.        Ibu Chaula Prihatiningtyas, S. Pd., M. Si, selaku dosen pembimbing II yang dengan sabar dan tekun serta penuh tanggung jawab membimbing serta memberikan saran-saran baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyelesaian skripsi ini bisa berjalan dengan lancar.
4.        Bapak dan ibu dosen STKIP PGRI Pasuruan yang telah membekali ilmu pengetahuan.
5.        Bapak Nawawi, S. Pd. I, selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri Branang Lekok Pasuruan yang telah memberikan ijin penelitian di Madrasah yang beliau pimpin.
6.        Ibu Endang Setyowati, S.Pd, selaku guru mata pelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri Branang Lekok Pasuruan yang telah memberikan waktu dan tempat dalam pelaksanaan penelitian serta membantu dan membimbing penulis untuk memperoleh data-data yang diperlukan sehingga skripsi ini dapat berjalan dengan lancar.
7.        Bapak dan Ibu serta mbah dan adik-adikku yang senantiasa tak henti-hentinya mendo’akan penulis dan selalu memberikan semangat dan dukungan.
8.        Seseorang yang terindah, dengan penuh kesabaran dan kesetiaan selalu mendampingi dan memotivasiku dalam menyelesaikan skripsi ini.
9.        Teman-teman Matematika angkatan 2007 dan semua pihak yang tentunya tidak dapat penulis sebut satu persatu, yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsi ini.
Penulis telah berupaya menyusun dan menyelesaikan skripsi ini dengan sebaik-baiknya, akan tetapi penulis menyadari skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca demi perbaikan penulisan lebih lanjut.
Semoga penulisan skripsi ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu bagi pembaca sekalian.
Pasuruan, 26 Juli 2011
Penulis


DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul …………………………………………………………......
Lembar Persetujuan ………………………………………………………..
Lembar Pengesahan………………………………………………………..
Abstrak…………………………………………………………………….
Kata Pengantar…………………………………………………………….
Daftar Isi……………………………………………………………...........
Daftar Gambar……………………………………………………………..
Daftar Tabel………………………………………………………………..
Daftar Lampiran……………………………………………………...........
BAB I    PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang………………………………………………
1.2    Rumusan Masalah…………………………………………...
1.3    Tujuan Penelitian…………………………………………….
1.4    Hipotesis …………………………………………………….
1.5    Manfaat Penelitian …………………………………………..
1.6    Batasan Masalah …………………………………………….
1.7    Definisi Operasional ………………………………………...
BAB II  LANDASAN TEORI
2.1    Pembelajaran Matematika…………………………………...
2.2    Pembelajaran Aktif…………………………………………..
2.3    Metode Pembelajaran Snowball Throwing………………….
2.4    Hasil Belajar…………………………………………………
2.5    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar…………...
2.6    Ketuntasan Belajar…………………………………………..
2.7    Bangun Datar………………………………………………...
BAB III METODE PENELITIAN
3.1    Rancangan Penelitian………………………………………..
3.2    Populasi dan Sampel………………………………………...
3.3    Variabel Penelitian…………………………………………..
3.4    Lokasi dan Waktu Penelitaian……………………………….
3.5    Instrumen Penelitian…………………………………………
3.6    Metode Analisa Data………………………………………...
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1    Deskripsi dan Pembahasan Hasil Pengamatan Keterlaksanaan Pembelajaran……………………………….
4.2    Deskripsi dan Pembahasan Hasil Pengamatan Aktivitas Guru………………………………………………………….
4.3    Deskripsi dan Pembahasan Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa………………………………………………………...
4.4    Deskripsi dan Pembahasan Hasil Belajar Siswa…………….
BAB V  PENUTUP
5.1    Kesimpulan ………………………………………………….
5.2    Saran ………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………...
LAMPIRAN……………………………………………………………….
i
ii
iii
iv
v
vii
ix
x
xi

1
4
5
5
6
8
8

10
12
13
17
20
24
27

34
38
39
39
39
45


53

57

61
65

73
74
75
77
DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                   Halaman
Gambar 2
2.7a Persegi panjang………………………………………………………..
2.7b Persegi………………………………………………………………..
2.7c Jajargenjang…………………………………………………………...
2.7d Belah Ketupat………………………………………………………..
2.7e Layang-layang………………………………………………………..
2.7f Trapesium……………………………………………………………..
 Gambar 3
3.1      Rancangan Prosedur Pelaksanaan Penelitian…………………………
3.6   Kurva Uji-t……………………………………………………………

27
28
29
30
32
33

35
52



DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                        Halaman
Tabel 2
2.1     Langkah-langkah Pembelajaran Snowball Throwing………………..
Tabel 3
3.5a   Format Lembar Observasi RPP……………………………………...
3.5b   Format Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa……………….
3.6a   Hasil Observasi Keterlaksanaan RPP………………………………..
3.6b   Hasil Observasi Aktivitas Guru……………………………………..
3.6c   Hasil Observasi Aktivitas Siswa…………………………………….          47
3.6d   Interprestasi dari Nilai Reliabilitas Aktivitas Guru dan Siswa……...
Tabel 4
4.1a    Pengamatan Keterlaksanaan Pembelajaran Siklus I ……..................
4.1b    Pengamatan Keterlaksanaan Pembelajaran Siklus II……………….
4.2a    Frekuensi Prosentase Aktivitas Guru pada Siklus I………………...
4.2b    Frekuensi Prosentase Aktivitas Guru pada Siklus II……………….
4.3a    Frekuensi Prosentase Aktivitas Siswa pada Siklus I………………..
4.3b    Frekuensi Prosentase Aktivitas Siswa pada Siklus II………………
4.4.1a Hasil Belajar Siswa Tes Awal (Pre test), Siklus I, dan Siklus II……
4.4.1b Data Ketuntasan Belajar Siswa……………………………………..
4.4.2a Rangkuman Hasil Perhitungan Pre-test dan Post test I……………..
4.4.2b Rangkuman Hasil Perhitungan Post test I dan Post test II………….

15

40
42
45
47
47
48

53
54
57
59
61
63
65
67
70
71



LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                Halaman
01        Daftar Nilai Pre-test, Pos test 1, dan  Pos test 2………………………
02        Kelompok Belajar……………………………………………………..
03        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
03a Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I……………...
03b Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II…………….
04        Lembar Kerja Siswa (I A dan I B)…………………………………….
05        Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa (I A dan I B)…………………...
06        Lembar Kerja Siswa (II A dan II B)…………………………………..
07        Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa (II A dan II B)…………………
08        Lembar Kerja Siswa (III A dan III B)………………………………...
09        Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa (III A dan III B)………………..
10        Lembar Kerja Siswa (IV A dan IV B)………………………………...
11        Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa (IV A dan IV B)……………….
12        Kisi-kisi Soal
12a Kisi-kisi Soal Pre-test…………………………………………….
12b Kisi-kisi Soal Post test 1………………………………………….
12c Kisi-kisi Soal Post test 2………………………………………….
13        Soal Pre test…………………………………………………………...
14        Penskoran Kunci Jawaban Soal Pre-test………………………………
15        Soal Post test 1………………………………………………………...
16        Penskoran Kunci Jawaban Soal Post test 1…………………………...
17        Soal Post test 2………………………………………………………...
18        Penskoran Kunci Jawaban Soal post test 2……………………………
19        Format Lembar Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar KBM1/2……………………………..
20        Format Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar KBM1/2……………………………..
21        Format Lembar Pengamatan Aktivitas Guru dan Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar KBM3/4……………………………..
22        Format Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar KBM3/4……………………………..
23        Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)1…………………………………………..
24        Frekuensi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)1…………………………….
25        Frekuensi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)1…………………………….
26        Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)2…………………………………………..
27        Frekuensi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)2…………………………….
28        Frekuensi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)2…………………………….
29        Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)3…………………………………………..
30        Frekuensi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)3…………………………….
31        Frekuensi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)3…………………………….
32        Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)4…………………………………………..
33        Frekuensi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)4…………………………….
34        Frekuensi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Bangun Datar (KBM)4…………………………….
35        Nilai Pengujian Uji Hipotesis Nilai Pre Test dengan Nilai Post Test Siklus I………………………………………………………………...
36        Nilai Uji Hipotesis Nilai Post Test Siklus I dengan Nilai Post Test Siklus II……………………………………………………………….
Berita Acara Bimbingan Skripsi…………………………………………...
Surat Keterangan Penelitian………………………………………………..
Surat Permohonan Ijin Penelitian………………………………………….
77
80

81
94
107
111
117
121
129
131
135
137

141
146
150
155
156
159
160
163
164


168


170


171


173


174


179


180


182


187


188


190


195


196


198


203


204

206

208
210
212
213

Tidak ada komentar:

Posting Komentar